Jepang, Sushi dan www.dimakimaki.blogspot.com

Jepun disebut Nippon atau Nihon dalam bahasa Jepang. Kedua kata ini ditulis dengan huruf kanji yang sama, yaitu 日本. Sebutan Nippon sering digunakan dalam urusan resmi, sedangkan Nihon biasanya digunakan dalam urusan tidak resmi seperti pembicaraan harian.
Kata Nippon dan Nihon berarti "negara matahari terbit". Nama ini berasal dari utusan resmi negara China, dan merujuk kepada kedudukan relatif Jepang di sebelah timur benua Asia. Sebelum itu, Jepang dikenal sebagai Yamato (大和). Wa (倭) digunakan di negara China pada zaman Tiga Negara.
Kata Jepang dalam bahasa Indonesia diturunkan dari kata Jepun, berasal dari bahasa Kanton, yang membawa sebutan Yat Pun.
Sebutan resmi Jepang dalam bahasa Jepang ialah Nipponkoku atau Nihonkoku (日本国), yang berarti "negara Jepang".
Topik diatas dikutip dari wikipedia.


Sushi
Sushi (鮨, 鮓, atau biasanya すし, 寿司?) adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut , daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa asam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula.
Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa asam yang ditulis dengan huruf kanji (酸し sushi?). Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji 鮓 merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan disebut (魚醤 gyoshō?) yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi (麹 koji?) atau ampas sake (糟 kasu?). Penulisan sushi menggunakan huruf kanji 寿司 yang dimulai pada zaman Edo periode pertengahan merupakan cara penulisan ateji (menulis dengan huruf kanji yang lain karena huruf kanji tersebut mempunyai bunyi yang sama).
Topik diatas dikutip dari situs wikipedia

www.dimakimaki.blogspot.com

Jepang merupakan salah satu Negara yang paling maju dikawasan asia mempunyai makanan yang sangat khas yaitu sushi yang seperti kita ketahui mayoritas sushi adalah makanan mentah dimana sebelumnya saya hanya mengetahuinya lewat obrolan teman-teman ataupun membacanya dimajalah atau lewat media internet atau media lainnya. Tapi semua itu akhirnya berubah ketika saya memulai perjuangan hidup dengan bekerja disebuah restoran jepang yang cukup terkenal SUSHI TEI dan menjadi seorang koki. Di Sushi Tei inilah akhirnya saya mempelajari bagaimana caranya membuat sushi dan bahkan mencoba sushi yang buat saya pribadi makanan ini cukup mahal, tapi berkat Sushi Tei lah saya biasa mengetahui bagaimana rasanya makanan jepang yang sebelumnya hanya ada dalam bayangan hehehe.
Jenis sushi banyak sekali baik diantaranya ada
Nigiri sushi yaitu sekepal nasi sushi yang ditaruh irisan ikan mentah/matang diatasnya.


Gunkan dimana sekepal nasi sushi dililit oleh nori (rumput laut berbentuk seperti lembaran kertas) dan didalamnya ditaruh (lagi-lagi mentah) telur ikan, telur udang atau yang lainnya.

Sashimi, yang ini benar-benar irisan ikan laut mentah tanpa nasi, dan tentu saja…


MAKIMONO (sushi roll), dimana nasi sushi ditaruh diatas nori dan diisi dengan lauk khas jepang baik itu mentah maupun matang dan kemudian digulung sebelum dipotong-potong.


Cukup lama juga saya menjadi koki di sushi bar tepatnya dibagian makimono. Makimono pulalah yang akhirnya menjadi inspirasi saya untuk menjadikannya sebuah nama blog, kenapa hanya “maki” saja, hal ini dikarenakan di sushi tei selalu menyingkat nama makimono dengan sebutan MAKI. Pada awalnya hanya “maki” saja yang sempat terpikirkan untuk nama blog saya, tapi kemudian saya merasa kalau hanya “maki”terlalu pendek, akhirnya saya ganti dengan “makimaki”, biar lebih sedikit unik saya kasih imbuhan “di” didepannya sehingga jadilah www.dimakimaki.blogspot.com
Tapi tolong saya jangan dimaki-maki karena saya hanyalah “Blogger Lagi Belajar”. “Blogger yang lagi belajar” kali ya yang lebih tepat hehehe.

Btw, kalau rekan blogger sempet mampir ke Sushi Tei Bandung cobain Sushi roll (makimono) hasil kreasi saya namanya
California Dragon/California Love, sushi roll ini isinya king shrimp, lettuce, crab stick, kyuri, tamago, avocado, dengan topping irisan unagi ditaburi goma, mayonnaise, dan saus tare….mmmmm oishii.
Tempura Salad Maki, isinya ebi tempura, salad dan ditaburi goma…
Recommended in Sushi Tei Bandung:
Tuna Salad crispy, sushi roll yang isinya tuna salad, tempura crispy yang dilapisi irisan salmon mentah dan telur ikan…enak banget…hehehe. Masih banyak siy tapi gak bisa saya sebutin satu persatu

Oia sekarang saya sudah tidak di sushi tei lagi, saat ini saya bekerja sebagai staff disebuah dealer perusahaan telekomunikasi, walaupun saya sudah berada di tempat lain tapi saya tetap mencintai sushi tei, karena dari sushi tei-lah saya memulai menyadari bahwa perjuangan hidup itu sangat berat ini hehehe........


6 Comments:

awan_clickerz said...

sushi emang enak, palagi shusi nak nya Pa RW...(wualah)...
cuman mo ngasih cemilan Inspiartif:"
Anda tidak dapat merencanakan masa yang akan datang berdasarkan masa lalu".[Edmund Burke]
keep survive fren !

cena said...

aduuuh lagi puasa ada parade makanan....
hiks....
jadi mupeng... >_<

seseorang said...

boss kok malah pindah jauh bener ke dealer telekomunikasi?

klo mo ngelamar jd koki makimono sushitei requirementsnya apa'an ajah? ada lowongan jd koki sushi freelance gak? he he he..

RT said...

hehehe,,,, sushi ne kureng loba euy...
kapan atuh bawa sushi lagi ke 101F

GAJAH said...

enak-enak... :D

arie untung said...


index:obathammer.id
index:obatkuatcialis.id
index:jualmaxman.com
index:obathammerofthor.id